Skip to main content

Adnow

loading...

Manfaat daun Kelor dan Cara Mengolahnya Menjadi Teh Daun kelor

Banyak diantara kita yang tidak tidak tahu manfaat daun kelor dan cara pengolahannya yang benar, 
walaupun sudah mengetahui manfaatnya , namun cara pengolahan daun kelor yang salah akan membuat manfaat yang kita rasakan sedikit. 
Daun kelor mengandung senyawa flavonoid, asam askorbat senyawa antioksidan yang sangat penting bagi tubuh untuk menetralisir radikal bebas, sangat baik mencegah tumor/ kanker, sehingga secara tidak langsung juga akan memperkuat daya tahan tubuh kita, selain itu daun kelor juga mengandung senyawa antiinflamasi / anti radang, anti mikroba alami, dapat memperkuat fungsi sistem pencernaan, Sistem eksresi / ginjal, dan Sistem Peredaran darah ( Jantung dan pembuluh darah ) karena senyawa - senyawa yang terkandung diatas. 








Adapun Langkah - langkah pembuatan teh daun kelor sebagai berikut : 
1. Petik Daun kelor yang masih muda, warnanya hijau muda kekuning - kuningan, atau yang lebih dekat ke arah pucuk daun,
2. Cucilah dan rendam daun kelor di air bersih untuk membersihkan kotoran yang kemungkinan menempel pada daun.
3. Setelah di cuci bersih, keringkan daun kelor dengan cara di jemur atau digantung ditempata tebuka namun terhindari dari paparan sinar matahari langsung karena akan menyebabkan banyak nutrisi yang akan hilang,  pengeringan dilakukan sampai daun benar - benar kering, pengeringan biasanya memakan waktu selama 3 hari.
4. Jika daun telah kering, selanjutnya pisahkan daun dari rantingnya, dan daun siap untuk ditumbuk halus menjadi seperti serbuk daun teh.
5. Selanjutnya simpan daun kelor yang sudah ditumbuk di wadah yang kering dan tertutup, simpan pada suhu kamar, agar daun kelor bisa dipakai dalam waktu yang cukup lama untuk serta mencegah daun menjadi cepat busuk dan mencegah terjadi pertumbuhan jamur. 
6. Daun kelor siap  untuk disajikan dalam bentuk teh,dapat dinikmati setiap pagi hari, atau ketika duduk duduk santai, kita pun boleh menambahkan sedikit gula pasir untuk pemanis karena rasa daun kelor yang agak sedikit pahit.









Itulah manfaat Daun Kelor dan Cara Pengolahannya Menjadi Teh daun kelor..

Selamat Mencoba,

Terima Kasih.

Comments